18 – 23 September 2010 Pecinta Alam Kayumanis Satu Mendaki Gunung Semeru #2

Mendaki Gunung Semeru #2

Transportasi dari Jakarta menuju TNBTS
Dari pasar genjing ke stasiun pasar senen menggunakan angkot M35 Rp 3.000, lalu dari stasiun pasar senen menggunakan kereta api ekonomi MATARMAJA menuju stasiun kota baru malang, harga tiket kereta api ekonomi MATARMAJA Rp 51.000,- Sesampainya di stasiun kota baru malang disarankan untuk menyewa angkot untuk langsung menuju pasar tumpang dengan tarif Rp 10.000/orang, atau dari stasiun kota baru malang naik angkot jurusan terminal arjosari seharga Rp 4.000 dilanjut ke pasar tumpang Rp 4.000,- Dari Pasar tumpang menggunakan mobil jeep untuk menuju resort ranupani harga sewa mobil jeep Rp 450.000,- Kapasitas mobil jeep mampu mengangkut sebanyak 13 – 15 orang, maka Rp 450.000 : 13 orang = Rp 34.615/orang (genap Rp 35.000/orang untuk sewa jeep). Setelah itu melakukan registrasi dengan membayar retribusi sebesar Rp 7.000 (umum) di Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada di Jl. Raya Tulus Ayu Telp. 0341-787972 Tulusbesar Tumpang Malang.

Transportasi dari TNBTS ke Jakarta
Dari resort ranupani menuju pasar tumpang bisa menggunakan mobil jeep seharga Rp 450.000 (dibagi banyaknya jumlah rombongan maka dapat ditentukan harga perindividu) atau menggunakan truk sayur seharga Rp 30.000/orang (disarankan pada pagi hari sekitar pukul 08:00 sudah bersiap – siap di resort ranupani). Atau jika anda ingin meneruskan pendakian ke gunung bromo anda bisa naik truk sayur dengan membayar Rp 15.000/orang lalu turun di pertigaan jemplang. Dari pasar tumpang disarankan untuk menyewa angkot untuk langsung menuju stasiun kota baru malang, sekitar Rp 10.000/orang. Dari stasiun kota baru malang menuju stasiun jatinegara menggunakan kereta api MATARMAJA Rp 51.000/orang. Dari stasiun jatinegara menggunakan APB turun di Jl. Kayumanis 1 Baru, tarir APB Rp 3.000,- Estimasi biaya transportasi sebesar Rp 250.000/orang.

Point yang harus diingat
1. Persiapkan mental dan fisik, rencana perjalanan, keuangan serta perlengkapan baik individu maupun kelompok.
2. Naik kereta ekonomi (MATARMAJA) sebaiknya naik dari stasiun pasar senen, atau naik dari stasiun kota dan memesan tiket kereta 3 – 4 sebelum pemberangkatan. Sebaiknya tiba di stasiun pasar senen sebelum pukul 14:00 wib. Karena Kereta api ekonomi matarmaja berangkat dari stasiun pasar senen pukul 14:00 wib.
3. Tiba di stasiun kota baru malang, kurang lebih perjalanan di kereta hampir 20 jam.
4. Setibanya di stasiun kota baru malang dilanjut menuju pasar tumpang dengan menyewa mobil yang berada di depan stasiun. Anda akan diantar ke pos yang berada di pasar tumpang.
5. Jangan lupa membawa surat kesehatan dari dokter, kartu identitas diri seperti KTP, KTM, SIM dll. Serta masing – masing di fotocopy sebanyak 2 lembar dan bawa juga 1 lembar materai 6000 (satu TEAM). Jika anda tidak membawa surat kesehatan dari dokter atau belum memfotocopy kartu identitas diri jangan khawatir karena di pasar tumpang tersedia.
6. Dilanjut ke Ranu Pane dengan menggunakan mobil jeep yang sudah tersedia, sebelum sampai di ranupani anda akan di ajak ke Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru untuk mengisi/ meregistrasi identitas diri.
7. Kembali meneruskan perjalanan dengan menggunakan mobil jeep, dan memasuki kawasan taman nasional bromo tengger semeru.
8. Tiba di ranupani, mengkonfirmasi pendakian di resort ranupani.
9. Meneruskan perjalanan ke ranu kumbolo, perlu di ingat untuk mencapai ranu kumbolo dari jalan beraspal ranupani anda ke kanan menuju pintu masuk hutan dan ke kiri mengikuti jalan setapak yang ditandai dengan 3 buah patok berwarna kuning.
10. Tiba di ranu kumbolo. (Silahkan beristirahat mendirikan tenda) Perkiraan waktu yang dibutuhkan dari ranupani ke ranu kumbolo mencapai 4 jam.
11. Tanjakan Cinta.
12. Oro – Oro Ombo.
13. Kalimati (Silahkan mendirikan tenda). Perkiraan waktu yang dibutuhkan dari ranu kumbolo ke kalimati mencapai 6 jam. Masih ada sumber air di sumber mani.
14. Arcopodo (Dapat mendirikan tenda pula)
15. Cemoro Tunggal nya sudah roboh.
16. Puncak MAHAMERU. Jika ingin menggapai puncak disarankan start dari kalimati pukul 02:00 malam, dan jangan berlama – lama diatas puncak MAHAMERU karena para pendaki diwajibkan untuk turun dari puncak sebelum pukul 10:00 dikarenakan adanya gas beracun dari kawah jonggring saloka.

Untuk melihat hasil foto silahkan klik disini.

Iklan
7 comments
  1. Disana ada persewaan tenda gak bro? Mohon informasinya 🙂
    trimakasih

  2. Subhan said:

    Salam lestari……
    Kira – kira pendakian bulan November bisa nggak yah?

    Salam lestari
    MAPALA POLITEKHNIK MAKASSAR

    • Marakew said:

      Untuk lebih jelasnya Mas Subhan dapat menghubungi langsung Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Nomor Telepon 0341-787972. Terimakasih.

  3. Daun said:

    Salam rimba!!! Mohon infonya bung. Plan tanggal 24 – 31 Des 2010 Kita dari cikampek mau pergi ke semeru. Untuk teknisnya, dari Senen – Malang itu berapa jam naik Matarmaja?
    Dari pengalamannya, kira – kira kendala yang dihadapi selama naik gunung semeru dari masalah logistik, peralatan dll apa aja?

    Thx’s sebelumnya…

    • Marakew said:

      Secara teknis, lama perjalanan dari stasiun senen sampai stasiun kota baru malang sekitar 20 jam di kereta api matarmaja. Kereta matarmaja berangkat dari stasiun senen pukul 14:00 wib (jam 2 siang). Sebaiknya anda sudah berada di stasiun pasar senen sebelum pukul 12:00 siang. Anda akan tiba di stasiun kota baru malang keesokan harinya pukul 12:00 siang. Sebaiknya membawa uang receh yang banyak untuk sekedar membeli kopi atau gorengan tahu atau bahkan membeli nasi pecel dan nasi rames yang tawarkan oleh para pedagang yang berjualan dikereta.
      Berdasarkan kendala yang kami alami selama mendaki gunung semeru adalah, pertama selalu lupa membawa surat keterangan sehat dari dokter. Sebaiknya disiapkan sebelumnya, lalu memfotocopy kartu identitas diri dan surat keterangan sehat sebanyak 2 lembar, dan jangan lupa membawa materai 6000. Sebaiknya membawa logistik yang cepat saji/ instant. Jika ada logistik yang belum terbeli, jangan khawatir karena anda dapat membelinya sesampainya di pasar tumpang. Lalu jangan lupa untuk memakai sepatu trekking dan memakai gaiters ketika ingin muncak.
      Untuk point yang perlu diingat dapat di baca pada artikel yang sudah saya muat 3676 MDPL dan Mahameru . Atau anda dapat menghubungi saya di nomor 085883168624.

  4. Pendaki said:

    Nice post, ikut nampang ah. Salam rimba

    • Marakew said:

      Terimakasih mas atas komentarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: